Jumat, Juli 12, 2024
spot_img
spot_img
BerandaDaerahTerkait TB, Apabila Ada Grjalan Laporkan ke Petugas

Terkait TB, Apabila Ada Grjalan Laporkan ke Petugas

 

Nagan Raya, JournalisNEWS.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh lakukan pembinaan kepada 40 Gampong terkait Tuberkulosis (TB). Tujuannya sendiri yakni untuk memantau masyarakat dengan gejala TB.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes Nagan Raya Siti Zaidar mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk pembinaan bagi masyarakat. Diakunya, kematian yang disebabkan TB di Kabupaten rendah, namun para kader ditingkat Gampong Peduli TB tersebut dapat memantau masyarakat yang mempunyai gejala penyakit itu.

Dia berharap, jika dalam pantauan para kader nantinya ada ditemukan masyarakat memiliki gejala TB, agar segera di informasikan kepada petugas kesehatan, melalui Puskesmas dan Rumah Sakit.

Ia menyampaikan, apabila ada masyarakat yang menderita penyakit TB , selain menjaga kesehatan juga memakai masker. Hal itu penting, karena juga demi menjaga kesehatan orang lain dari penularan.

“Apabila ada masyarakat mengalami batuk lebih dari tiga pekan disarankan agar memeriksakan diri ke Rumah Sakit atau Puskesmas. Tujuannya agar dapat mendeteksi penyakitnya,” kata Siti Zaidar Jumat 14 April 2023.

Sebagai informasi tambahan bagi masyarakat, Zaidar menginformasikan kalau saat ini Kabupaten Nagan Raya memiliki 2 alat untuk mendeteksi TB yang ditempatkan di RSUD-SIM dan Puskesmas Alue Bilie. Alat pendeteksi TB tersebut diakunya merupakan bantuan Pemerintah Pusat. (Didit/Rel)

Loading

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments