Rabu, Juni 29, 2022

Kontingen APPSBI Tebing Tinggi Raih Juara Umum Fistival Silat Budaya Daerah ke 1 di Sergai

Must Read

Tebing Tinggi, JournalisNEWS.com – Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Kota Tebing Tinggi Berhasil meraih juara umum dalam acara festival pencak silat budaya daerah sumut di GOR komplek istana Sultan Serdang Bedagai Kel. Melatih Kebun Kec. Perbaungan. (19-21/6/2022).

Dalam acara penutupan tersebut di awali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya doa bersama dan mengumumkan para pemenang dari berbagai daerah perguruan silat yang tergabung di APPSBI sumut di antaranya Juara 1 Perorangan dewasa putra APPSBI Tebing Tinggi Abdul Halim S.Pd, Juara 1 berpasangan dewasa putra APPSBI Tebing Tinggi Nasri Akbar – Ali, juara 1 katagori berkelompok dewasa putra APPSBI Tebing Tinggi Abdul Alim S.Pd, Abdi Maulana, Haria Panca.

Juara 1 Perorangan dewasa putri Lola Puspita PSHT Medan, juara 2 perorangan APPSBI Tebing Tinggi Zulaida Fatmawati, Juara 3 perorangan Nur Salsabila Banteng Mencirim Medan, Juara 1 perorangan usia dini putra APPSBI Tebing Tinggi Arif Affansyah, Juara 2 PSHT Medan, juara 3 Kocima Deli Serdang. Juara 1 Perorangan putra remaja Panji Kocima Deli Serdang, juara 2 M. Amru PSHT Medan, juara 3 Ibnu Sutowo Tapak Suci Sergai, Juara 2 berkelompok dewasa putra Tatak Mocak Pak – Pak Dairi, Juara 1 katagori berpasangan remaja APPSBI Tebing Tinggi Abdul Sofian – Mirza Lutfi.

Ketua APPSBI Serdang Bedagai Irwan SH mengatakan, bahwa dalam acara festival pencak silat budaya daerah ke 1 Sumut tersebut yang diadakan di Kab. Sergai dihadiri dari beberapa kontingen yang tergabung di APPSBI 6 Kab/Kota dari berbagai daerah di antaranya, APPSBI Kota Tebing Tinggi, APPSBI Kab. Sergai, APPSBI Kab.Toba, perguruan Banteng Mencirim, Perguruan Kocima Tanjong Balai, Perguruan Kocima Deli Serdang, Perguruan Silat HT Deli Serdang, Perguruan HT Kota Medan , Pencak Silat Puspa Sumut, Pencak Silat Tatak Mocak Pak- Pak, Tapak Suci Muhammadiyah Sergai, tamu undangan pengiat Pencak Silat Dari Negara Tetangga Singapura Rahmat Kiwon, dan Perguruan Pencak silat Tradisional Padang Pariaman Sumatera Barat (P2ST).

Ketua APPSBI Pusat Awang Suwanda S.Pd mengatakan dengan di adakanya festival silat budaya daerah ke 1 Sumut ini saya mengapresiasi kepada Ketua APPSBI Sumut M.Syahrul Albantani B.Sc dan Ketua APPSBI Sergai atas terjalinnya kerja sama yang baik tentunya dengan Pemkab Sergai juga karena Acara Festival Silat Budaya Daerah Sumut ini baru pertama kali dapat terlaksana dengan sukses.

Saya berharap bagi yang belum mendapatkan juara jangan berkecil hati masi banyak lagi waktu untuk terus berlatih, dan bagi yang juara jangan berbangga hati karna masi ada lagi kejuaraan yang akan diikuti di Palembang Pekan Olah Raga Rekrasi Nasional (Pornas) yang di adakan pada 1-2 Juli 2022,”ucapnya.

Kontingen APPSBI Kota Tebing Tinggi berhasil meraih juara umum dalam acara pencak silat budaya daerah ke 1 sumut di GOR Komplek Sultan Serdang Bedagai dengan perolehan mendali 5 emas, 1 perunggu, dalam perebutan piala event tersebut bekerja sama Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Ketua Umum PS Kocima Sumut Drs H. Sayuti Nur.

Penyerahan penghargaan kepada pejuang dan pelestari pencak silat budaya sumut oleh Bupati Sergai H.Darma Wijaya yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Drs Hendry Suharto, guru besar PS Kocima M. Syahrul Albantani B.Sc, Ketua PSHT Sumut Ismarnoto Ismail, Ketua IPSI Sumut HJ. Dahliana, SH, MSi, guru besar tatak Mocak Pak- Pak Dairi H. Sarimun Banurea, dan ketua APPSBI Sergai Irwan SH.

Hadir dalam acara Festival Pencak Silat Budaya Daerah ke 1 Sumut tersebut Ketua APPSBI Pusat Awang Swanda S.Pd, Ketua Umum Kormi Sumut Baharudin Siagian SH, MSi, Ketua APPSBI Sumut M.Syarul Albantani B.Sc, Ketua Kormi Sergai Ricardo Situmorang S.Pd, Ketua KONI Sergai Aspul A. Lubis, Kepala Dinas Poraparbud yang di wakili bidang kebudayaan Hj. Syafriani S.kep.

Acara ditutup pada pukul 14.00 Wib oleh Bupati sergai H. Darma Wijaya yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Drs Hendry Suharto, dan sebagai pamungkas photo bersama kepada seluruh pengurus APPSBI di tiap daerah intansi terkait dan seluruh atlet. (Tamsi)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
Latest News

Upacara Ziarah Rombongan Polres Pematangsiantar dan Polres Simalungun Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-76

Pematangsiantar, JournalisNEWS.com - Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara Ke – 76 Polres Pematangsiantar dan Polres Simalungun menggelar ziarah ke...

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img