Rabu, Desember 8, 2021

Minimalisir Angka Pengangguran, Anggota Komisi II DPRD Medan Minta Forum SDC Gerak Cepat

Must Read

Medan, JournalisNEWS.com – Guna percepatan penanganan warga kemiskinan karena banyak pengangguran. Pemko Medan melalui Forum Skill Development Centre (SDC) diharapkan bergerak cepat menjalankan fungsi dan tugas utamanya.

“Kita harapkan Forum SDC gerak cepat merekrut warga pengangguran untuk dilatih dan dibina sekaligus dipekerjakan,” ujar anggota Komisi II DPRD Medan Afif Abdillah kepada wartawan, Rabu (24/11/2021) menyikapi seiring telah dikukuhkannya Forum SDC oleh Walikota Medan.

Menurut Afif Abdillah yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan itu dan konsen soal warga miskin , Forum SDC harus benar benar bekerja sahuti keluhan warga Medan soal minimnya lowongan pekerjaan dan mengakibatkan banyak pengangguran. “Kita kuatir banyak pengangguran akan berdampak kemiskinan. Hadirnya forum SDC kiranya mampu meminimalisir persoalan itu,” ujar Afif Abdillah yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan itu.

Dikatakan Afif, Dianya banyak menerima keluhan terkait pengangguran setiap bertemu dengan warga. Maka itu forum SDC diharapkan cepat merekrut peserta yang akan dilatih. Sebagaimana diketahui, Walikota Medan yang diwakili Asisten Ekbang Pemko Medan Khairusyah telah mengukuhkan Forum Skill Development Center (SDC) Kota Medan periode 2021-2024, Selasa (23/11/2021).

Forum SDC diharapkan mampu megatasi permasalahan ketenagakerjaan atau pengangguran di Kota Medan. Pengukuhan yang dirangkai dengan sosialisasi implementasi SDC dalam program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

Disebutkan, sektor ketenagakerjaan salah satu yang terdampak akibat Pandemi Covid-19. Artinya masalah pengangguran merupakan masalah lintas sektor, untuk itu mengatasi hal tersebut harus dilakukan Kolaborasi antar sektor antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan lainnya.

Menurut Khairul Syahnan Penanganan masalah ketenagakerjaan, tidak bisa diselesaikan oleh satu perangkat daerah saja. Oleh sebab itu perlu diciptakan korelasi yang kokoh antar pemangku kepentingan terkait di semua lini. SDC merupakan salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut.

“Konsep SDC hadir sebagai salah satu solusi meningkatkan kompetensi SDM dan menekan angka pengangguran, pelatihan yang bersertifikasi Kompetensi dan sesuai Kebutuhan pasar kerja di setiap daerah adalah cara cepat menjawab kebutuhan tenaga kerja yang terampil,” kata Asisten Ekbang.

Asisten Ekbang berharap Forum SDC ini bukan hanya bertujuan menciptakan sinergi dunia usaha tetapi juga menciptakan SDM yang berkualitas dan siap kerja. Artinya SDC diharapkan mampu memadukan dan mensinergikan program layanan pendidikan dan pelatihan bersama ketiga unsur yaitu Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Dunia Usaha dan Pemerintah Daerah.

“Adanya SDC akan menjawab permasalahan ketenagakerjaan di Kota Medan dan lebih memaksimalkan para pencari kerja untuk diserap oleh pasar kerja. Untuk itu kolaborasi antar OPD dan pemangku kepentingan harus terus dilakukan dan ditingkatkan. Sehingga SDM yang dilatih bukan hanya menciptakan skill tetapi juga untuk berwirausaha,” jelas Asisten Ekbang. (Halil)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Prajurit Yonif 8 Marinir Sambut Atlet Jurai Lomba Dayung Kasal Cup 2021

Langkat, JournalisNEWS.com - Komandan Batalyon Infanteri 8 Marinir memimpin penyambutan kedatangan Atlet Prajurit Petarung Harimau Putih Yonif 8 Mar...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img