Minggu, Mei 5, 2024
spot_img
spot_img
BerandaMedanDialog Interaktif Halo Polisi di RRI Medan Bahas Pemeriksaan Kesehatan Werving Terpadu

Dialog Interaktif Halo Polisi di RRI Medan Bahas Pemeriksaan Kesehatan Werving Terpadu

Medan, JournalisNews.com – Dialog Interaktif Halo Polisi di RRI kali ini mendatangkan Nara sumber dari Bidang Kedokteran Kepolisian Polda Sumut dengan Topik Pemeriksaan Kesehatan Werving Terpadu, Rabu 24 April 2024 sekira Pukul 15.00 – 16.00 wib bertempat di Studio 1 RRI Medan pada channel 94.3 MHZ.

Kabid Dokkes Polda Sumut yang di Wakili Kompol Dr. Andrean Lesmana, M.KED., SP.P selaku Kasubbid Kespol Biddokkes Polda Sumut yang di dampingi Baur Subbid Penmas Aiptu Widodo di pandu Presenter RRI Mbak Asmarani Aidina akan mengupas tuntas tentang apa sih yang di Maksud dengan Pemeriksaan Werving Terpadu?.

Menurut Dr. Andrean Pemeriksaan Kesehatan Werving Terpadu itu adalah Pemeriksaan Kesehatan yang di berikan kepada warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan administrasi untuk menjadi calon anggota TNI, Polri, ASN Kemenhan dan ASN TNI/Polri, jadi disini pemeriksaan Rikkes terpadu untuk Polri dalam hal Penerimaan Anggota Polri mulai dari seleksi di Akademi Kepolisian, kepolisian Sumber Sarjana, Bintara dan Tamtama Polri.

Lanjut Dr. Andrean Adapun Tahapan dari Pemeriksa Werving Terpadu adalah mulai dari persetujuan untuk di lakukan pemeriksaan fisik, Kesehatan, tinggi badan, berat badan , tekanan darah, pemeriksaan mata, telinga, hidung, mulut dan lainnya di lanjutkan dengan pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium, EKG, Rontgen Foto Thorak, Narkoba, HIV Aids dan cakupan lainnya sesuai Standar Operasional prosedur pemeriksaan bagi calon peserta seleksi anggota Polri.

Dalam pemeriksaan Werving Terpadu ini mengaju kepada Peraturan Kapolri No. 07 tahun 2016 yang di sebut dengan Stakes ( Standar Kesehatan ),
Tahap Stakes pertama saat di lakukan pemeriksaan kondisi tidak ada kelainan, masalah dan masih bisa melaksanakan pekerjaan, tahap Stakes kedua ada kelainan tapi masih bersifat ringan dan masih bisa melaksanakan pekerjaannya, tahap Stakes ketiga ada kelainan dengan kelainan sedang namun tetap masih melaksanakan pekerjaannya dan terakhir Stakes empat ada kelainan dengan derajat berat yang akan mengganggu fungsi tubuh, sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi calon anggota Polri. Untuk kegiatan rutin sendiri kita Bidang Kedokteran Kesehatan polri juga rutin melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada personil yaitu Pemeriksaan Kesehatan Berkala baik di Polda dan masing-masing Polres.

Di sela perbincangannya ada ada telpon masuk dari pemirsa setia RRI dari Opung Valentine dari Tapanuli Utara terkait pemeriksaan Kesehatan Werving Terpadu hanya untuk anggota kepolisian saja atau kepada masyarakat luas terutama kepada supir antar lintas antar Provinsi yang mengkonsumsi Narkoba dan minuman beralkohol yang jika tidak di lakukan atensi akan berdampak fatal bagi masyarakat, disini Dr Andre menjelaskan bahwa kegiatan di maksud sudah di lakukan oleh pihak kepolisian dalam hal ini Direktorat Reserse Narkoba, Bidang Dokkes Polri dan tim medis dari
Pemerintah Provinsi yang langsung turun ke lapangan mengecek urine dari pada pengemudi bus tersebut, hal itu terlihat dalam pelaksanaan operasi yang di gelar jelang Hari Raya Idul Fitri ( Operasi Ketupat Toba ) dan jelang Akhir Tahun ( operasi lilin Toba ). Jelas Dr. Andrean

Untuk seleksi penerimaan anggota Polri sudah di buka dan sedang berjalan, hingga besok tgl. 26 April pukul. 00.00 wib untuk pendaftarannya di tutup.

Di akhir dialog Interaktif Halo Polisi Dr Andrean menghimbau kepada masyarakat terutama calon peserta seleksi penerimaan menjadi anggota Polri terutama dan yang utama harus menjaga kesehatan, mengingat tugas di kepolisian ini di masa mendatang membutuhkan kesehatan yang prima dalam melayani melindungi dan mengayomi masyarakat, pungkas Pamen yang murah senyum dan berpangkat Melati satu di pundaknya ini.(JN -Abdul Halil)

Loading

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments