Senin, Desember 6, 2021

Pedagang dan Pembeli Ramaikan Eks Pekan Lelo yang Relokasi di Pasar Rakyat Sei Rampah

Must Read

Sei Rampah | JournalisNews.com
Untuk mendukung program relokasi Pekan Lelo ke Pasar Rakyat Sei Rampah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Kegiatan Belanja Bersama. Kegiatan belanja bersama ini dilaksanakan dengan mengerahkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdomisili di Kabupaten Sergai dari seluruh OPD hari ini Minggu (31/10/2021).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang ditemui di sela-sela kegiatan belanja bersama menerangkan jika apa yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bentuk dukungan penuh Pemkab Sergai terhadap keberlanjutan aktivitas para pedagang eks-Pekan Lelo.

“Seperti yang sudah berulang kali disampaikan, pemerintah tidak akan menyengsarakan masyarakatnya. Pada hari ini, hal tersebut terlihat jelas,” tegasnya.

Bupati melanjutkan, Pekan Lelo dalam banyak aspek tidak memenuhi syarat untuk beroperasi, sehingga dilakukan penghentian aktivitas. Akan tetapi, Pemkab Sergai tidak lantas lepas tangan. Pemkab Sergai lantas megeluarkan kebijakan yang bisa dikatakan pilihan terbaik yaitu dengan melakukan relokasi. Ia menuturkan, tidak hanya sekadar memindahkan saja, pedagang yang direlokasi juga diuntungkan karena tidak dipungut biaya sepeser pun untuk berjualan di area lapak yang sudah disediakan, selain tentunya ditambah dengan berbagai fasilitas standar lain yang sebelumnya tidak layak atau belum ada di Pekan Lelo.

“Bisa kita lihat pasar relokasi ini memiliki berbagai sarana yang jauh lebih baik, lebih lengkap, dibanding lokasi lama Pekan Lelo. Mulai dari mushola, sanitasi, tata lapak, akses jalan, sampai dengan ruang laktasi bagi para ibu yang menyusui, sudah tersedia dan bisa dipakai oleh para pedagang maupun pembeli yang datang. Terpantau, sekitar 50 % lapak yang disediakan di pasar relokasi ini sudah diisi oleh para pedagang,” terangnya.

Dirinya juga menyebutkan, dalam kegiatan belanja bersama ini, antusiasme ASN juga terlihat jelas, terbukti dengan keikutsertaan para ASN dari berbagai OPD yang memadati lapak-lapak yang digelar di area pasar relokasi, berbaur dengan warga lain yang ikut bertransaksi, tentunya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Sesuai dengan arahan Bupati Sergai No. 18.29/005/6352/2021, seluruh OPD diminta untuk menghadirkan para ASN untuk berbelanja di pasar relokasi ini. Khusus kepada Camat Sei Rampah, diminta untuk menghadirkan seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa di wilayahnya untuk mengikuti kegiatan ini, dengan ketentuan wajib mematuhi Prokes, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan membawa keranjang belanja masing-masing,” paparnya.

Untuk kedepannya, Bupati berharap, relokasi ini bisa meningkatkan kenyamanan, keamanan dan sekaligus semakin menggerakkan perekonomian warga Sei Rampah. Ia juga meminta kepada para pedagang Pekan Lelo yang masih bertahan untuk segera pindah ke tempat resmi yang disediakan pemerintah.

“Kita tentu berharap, kebijakan relokasi ini bisa mendukung bangkitnya sektor perdagangan di Sei Rampah. Ini akan terus berkelanjutan, sehingga diharapkan masyarakat, terutama para ASN, untuk rutin berbelanja di pasar ini. Selain itu, relokasi ini juga jadi syarat penting terlaksananya proses pembenahan dan tata kota Sei Rampah sebagai ibu kota kabupaten,” tandas Bupati.

Respons positif juga disampaikan pedagang atas relokasi ini, salah satunya Yeyen br. Lubis. Pedagang sayur mayur ini mengaku aktivitas jual beli perdananya di Pasar Rakyat Sei Rampah ramai pembeli. Yeyen juga bertutur, dirinya sebenarnya sudah lama ingin pindah ke pasar relokasi, namun karena belum banyak rekan sesama pedagang Pekan Lelo yang pindah, ia sempat mengurungkan niatnya tersebut.

“Terima kasih kepada pemerintah yang sudah menyediakan fasilitas ini. Sudah tepat pemerintah membuat kebijakan relokasi bagi kami. Apalagi kami tidak dipungut biaya apapun untuk berdagang. Tinggal pakai saja. Syukur alhamdulillah hari ini pembelinya juga banyak. Semoga ke depan pasar relokasi ini makin maju, makin banyak pembeli dan jadi sumber rezeki,” harapnya.

Turut serta dalam berbelanja bersama ini, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Kepala OPD beserta jajaran, Camat Sei Rampah dan Dewan UKM Sergai. (Alfian Haris)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Forkopimda Tebing Tinggi Gelar Rapat Koordinasi Sambut Natal dan Tahun Baru

Tebing Tinggi, JournalisNEWS.com - Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) menggelar rapat dalam rangka persiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img