Minggu, Oktober 17, 2021

Masyarakat 8 Suku Asli Kaimana Dukung dan Berpartisipasi Menuju Pelaksanaan KBMAP ke-IV

Must Read

 

Kaimana, JournalisNEWS.com – Menuju Puncak Pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) ke-IV yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kaimana Wilayah Adat IV Bomberay dan rencananya akan berlangsung pada 25 – 30 Oktober 2021 mendatang.

Oleh Karena itu, sejak beberapa Bulan lalu hingga saat ini, Panitia Lokal Pelaksanaan KBMAP IV Kaimana telah melakukan berbagai kegiatan persiapan hingga mencapai 75 persen, seperti pemasangan baliho di sejumlah titik di Kaimana, pembuatan rumah adat Sirosa, pembuatan stand pameran untuk 8 suku asli Kaimana dan 7 wilayah adat Papua, pembuatan gapura serta berbagai persiapan lainnya, baik dari seksi acara, seksi akomodasi, seksi kebersihan, seksi keamanan, publikasi dan sejumlah seksi lainnya yang terlibat langsung dalam unsur kepanitiaan BPMAP IV Kaimana ini.

Dari pantauan wartawan di lapangan, masyarakat Papua Asli Kaimana juga ikut berpartisipasi mendukung kegiatan KBMAP IV ini seperti, adanya sejumlah warga asli Kaimana dari suku Kuri yang terlibat langsung dalam pembuatan stand pameran di depan stadion Triton Kaimana.

“Sejak dua minggu sudah kami kerjakan stand pameran untuk 8 suku asli Kaimana dan perwakilan dari 7 suku wilayah adat Papua. Dari pekerjaan ini, kami tidak melihat dari sisi pembayarannya mau dibayar berapa, namun ini karena kegiatan adat jadi kami ikut berpartisipasi. Untuk pembuatan stand pameran ini, saya dengan ade-ade (anak-anak muda) 8 orang dari suku Kuri dan dua lainya dari suku Wamesa serta anak mantu saya dari suku Dobo Maluku. Jadi kami semua berjumlah 10 orang dan pekerjaannya sudah selesai 100 persen,” jelas Yesasa Efara selaku kepala tukang pembangunan stand pameran kepada wartawan di lokasi stand pameran Stadion Triton Kaimana, Jumat (17/9/2021).

Yesaya Efara menambahkan, panitia KBMAP ini sangat memberikan peluang kepada masyarakat asli Kaimana untuk terlibat dan mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. “Jujur saja, secara pribadi dan juga sebagai anak adat dari suku Irarutu, saya melihat bahwa panitia pelaksana KBMAP ini sangat memberikan peluang untuk masyarakat asli Kaimana untuk ikut mendukung dan menyukseskan kegiatan ini, karena yang saya lihat dari berbagai kegiatan yang saat ini telah dilaksanakan, seperti kami anak-anak suku Irarutu kerja di stand pameran, pembuatan Sirosa itu dari suku Mairasi,”ujarnya.

Sedangkan ade-ade OPC, mereka yang buat puluhan tong sampah maupun pembersihan beberapa sekolah yang akan digunakan untuk penginapan peserta, kemudian pemasangan baliho juga dikerjakan anak-anak Kaimana, sehingga saya mengapresiasi panitia KBMAP Kaimana,” ungkapnya.

Sebagai Putra Asli Kaimana dari Suku Kuri ini lanjut Yesaya Efara, semua elemen masyarakat Papua, khususnya orang asli Kaimana agar dapat ikut berpartisipasi dan mendukung panitia pelaksanaan KBMAP IV di Kaimana, sehingga Kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan aman dan lancar,” harapnya.

“Sebagai anak adat dari suku Kuri Kaimana, kami siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan KBMAP IV di kota senja Kaimana ini. Saya juga berharap agar kegiatan ini pada hari H nantinya dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua, terutama dari Panitia Pelaksana, bahkan teristimewa pada umumnya orang Papua. Selain itu, saya juga berharap kepada saudara-saudara, khususnya orang Papua asli Kaimana agar ikut berpartisipasi dan mendukung serta menyukseskan kegiatan besar ini, karena ini adalah momen atau hajat orang papua,” sebut Yesaya Efara.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana KBMAP IV Kabupaten Kaimana, Arifin Sirfefa melalui pesan WhatsApp (WA) menyebutkan bahwa panitia juga memberikan peluang kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan pameran, sehingga dapat mendaftar ke Sekretariat Panitia KBMAP IV Kaimana.

“Apabila Masyarakat, baik OAP atau suku Nusantara yang mau berpartisipasi pada pameran, panitia membuka ruang untuk memfasilitasi pendaftaran di Sekretariat. Selain itu, panitia pun berusaha agar anak-anak muda Papua bisa tampil memeriahkan acara panggung hiburan, kemudian sesuai jadwal bila dimungkinkan maka ada said Iven tatap muka Pengusaha Asli Papua (KAP), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Perwakilan Perempuan Papua dan anak-anak muda/generasi milenial bisa berdiskusi dengan Menteri yang hadir nanti, namun Protokol Kesehatan (Prokes) tetap di jalankan,” jelas Arifin Sierfefa.

Perlu diketahui bahwa Struktur Pantia Pelaksana KBMAP IV Kaimana, mulai Ketua hingga Pengurus dan seluruh seksi-seksi adalah Putra-Putri Asli Papua dari 8 suku besar asli Kaimana. (Alfian Haris)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi Covid 19 Untuk 7 Juta Warga Perkebunan dan Desa – Desa Produktif

  Batu Bara, JournalisNEWS.com - Untuk mendukung suksesnya pemberian vaksin kepada masyarakat. Sehingga kembali lagi aktivitas normal, Pemerintah bekerja sama...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img