Senin, September 27, 2021

Nilai Ekspor Pertanian Meningkat 3 Triliun Rupiah, Bupati Deli Serdang Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

Must Read

 

Jakarta, JournalisNEWS.com – Bupati Deli Serdang, Sumatera Utara, H. Ashari Tambunan menerima penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, dalam acara Penganugrahan Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021 yang diselenggarakan secara luring di Istana Wapres Jakarta, Senin, 13 September 2021.

Dari data Kementerian Pertanian yang tercatat pada sistem IQFAST di Karantina Pertanian Belawan, produk pertanian unggulan ekspor asal Kabupaten Deli Serdang berupa minyak sawit dan produk turunannya berupa palm kernel, hydrogenate palm kernel olein dan RBD palm olein, biji pinang, biji minyak kelapa mentah, karet lempengan, sayuran kubis dan tepung kentang . Dengan tujuan negara ekspor adalah Cina, Rusia, Filipina, Thailand, Malaysia, Nigeria, Amerika Serikat, India, Brasil dan Taiwan.

Dalam arahannya, Wapres Maruf Amin mengapresiasi capaian dan kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi. Lebih dari itu, pertanian juga dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional serta memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Karena itu kita harus bersyukur bahwa di tengah disrupsi yang diakibatkan pandemi, sektor pertanian ternyata mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” ujar Wapres yang didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Wapres mengingatkan, selama ini ada tiga hal penting yang menjadi tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia. Ketiganya adalah melakukan pemenuhan pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

Masih menurut Wapres, disisi lain, sektor pertanian mampu menyerap jutaan tenaga kerja yang terdampak PHK. Berdasarkan hasil survei BPS, angkatan kerja nasional yang menyerap tenaga kerja paling banyak adalah sektor pertanian.

“Tumbuhnya pertanian di masa krisis seperti ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi integratif dan kolaboratif antar insan pertanian serta komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dan pusat,” katanya.

Mentan SYL, menyampaikan terimakasih atas perhatian besar Wakil Presiden RI terhadap jalanya pembangunan sektor pertanian Indonesia. Mentan juga menyampaikan terimakasih kepada para Gubernur dan Bupati yang selama ini bekerja keras meningkatkan produksi dan ekspor.

“Kami menyampaikan rasa hormat kepada Bapak Wapres, dimana di hadapan kita saat ini adalah para pahlawan Indonesia. Mereka adalah para gubernur dan bupati yang setiap hari bekerja menyediakan pangan nasional,” katanya.

Mentan menambahkan selama ini Kementa terus berupaya menciptakan ragam kebijakan dan kerjasama intens dengan pemda dan stakeholder lainya agar pertanian Indonesia tidak berhenti dan tetap berproduksi menyediakan pangan nasional.

“Kebijakan-kebijakan ini kami buat agar Indonesia tidak terjerumus dalam krisis pandemi yang panjang. Karena itu kami terus melakukan pendekatan teknologi untuk mengefisiensi produksi. Apalagi, prtanian itu adalah lapangan kerja dan yang paling dasar dari kehidupan,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto menyampaikan data fasilitasi ekspor komoditas pertanian asal Kabupaten Deli Serdang yang meningkat sebesar Rp. 3 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY).

“Peningkatan ini tentu sangat menggembirakan, dan semoga ini akan menambah semangat para pelaku usaha agribisnis baik petani, eksportir dan lainnya untuk terus meningkatkan kinerja ekspornya. Kami di Karantina Pertanian Belawan, selain bertugas mengawasi keamanan pangan dan pengendalian mutu pertanian juga mendapat tugas khusus untuk mengawal kinerja ekspor pertanian dari Sumatera Utara, “ tutup Yusmanto.

Sebagai informasi, para penerima penghargaan bidang Pertanian Tahun 2021 untuk kategori peningkatan produktifitas provinsi dan kabupaten tertinggi tahun 2019/2020 untuk tingkat Provinsi adalah Lampung, Jawa Timur, Banten, Sumatera Selatan dan Jambi. Sementara untuk tingkat Kabupaten adalah Cilacap, Brebes, Ngawi, Ogan Ilir Komering Ulu Timur dan Gresik.

Sementara itu, kategori Peningkatan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode pada Januari 2020 sampai dengan Juni 2021 untuk tingkat Provinsi adalah Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara. Sementara untuk tingkat Kabupaten adalah Kota Baru, Deli Serdang, Kotawaringin Barat, Semarang dan Bintan. (Abd Halil)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Ops Yustisi Personil Polres dan Polsek Labuhan Ruku 5 Orang Dihukum Push Up

  Batu Bara, JournalisNEWS.com - Polres Batu Bara dan Polsek Labuhan Ruku dan Sat Pol PP laksanakan Operasi Yustisi secara...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img