Senin, September 27, 2021

DLHK Batu Bara Sosialisasikan Bank Sampah

Must Read

 

Batu Bara, JournalisNEWS.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bersama Unsur Muspika Kec. Tanjung Tiram dan Kec. Nibung hangus laksanakan Rapat Koordinasi Sosialilasikan Penanganan Sampah dan penerapan Bank Sampah. Di aula Kantor Camat Tanjung Tiram. Kamis (9/9/2021).

Dalam langkah optimalisasi Penanganan Sampah di Kabupaten Batu Bara sebagai Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah, tindak lanjut dari Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah.

“Serta Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbup) nomor 188.345/5098. Tertanggal 27 Agustus 2021, tentang penanganan sampah dan penerapan Bank sampah untuk itu DLHK, melakukan Kordinasai dengan Unsur Muspika kelurah dan dan Desa yang nanti nya di sosialisaikan kepada masyarakat,”kata Azhar kepada media.

Selain menjaga kebersihan dari tumpukan sampah, bank sampah juga nantinya akan
diolah oleh pengrajin, sampah plastik dan sampah rumah tangga organik itu tidak lagi keluar, Sedangkan sampah yang kita buang ke TPA itu adalah sampah Residu seperti pampers, pembalut, tisu, puntung rokok, bola lampu yang pecah, itulah sampah yang nantinya akan dibawa Ke TPA,”ujarnya.

Terbentuknya penerapan dan Bank Sampah ini bertujuan agar lingkungan di Kabupaten Batubara bisa bersih dan menunjang perekonomian masyarakat buah hasil dari olahan sampah tersebut. “Tindak lanjut dari sosialisasi ini, kita mengharapkan Desa, Kelurahan, BPD dan LPM untuk membentuk Bank Sampah,” kata Azhar.

“Sambil berjalan kita juga menyiapkan regulasi dan juga menyiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh pengelola sampah, baik di Desa maupun di Kelurahan juga terkait manajemennya,” kata Azhar. “Jadi kalau sudah terkoordinasi, itu posisinya nanti akan menjadi terkoneksi dalam penanganan sampah di Kabupaten Batubara,” tutup Azhar.

Hadir dalam rapat Koordinasi bank sampah di kantor camat Tanjung Tiram Camat Tanjung tiram, M Iqbal Hatta, kepala Desa, Lurahan, BPD dan LPM se-Kecamatan Tanjung Tiram dan Nibung Hangus. (Dani)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Ops Yustisi Personil Polres dan Polsek Labuhan Ruku 5 Orang Dihukum Push Up

  Batu Bara, JournalisNEWS.com - Polres Batu Bara dan Polsek Labuhan Ruku dan Sat Pol PP laksanakan Operasi Yustisi secara...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img