Senin, September 27, 2021

TNI AL Peduli Gelar Serbuan Donor Plasma Konvalescent dan Donor Darah Masyarakat Maritim

Must Read

Belawan, JournalisNEWS.com – Dalam rangka HUT RI ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia TNI Angkatan Laut Lantamal I menggelar Serbuan Donor Plasma Konvalescent dan Donor Darah Masyarakat Maritim yang dilaksanakan bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Jalan Serma Hanafiah No.1 Belawan. Kamis, (12/8/2021).
TNI Angkatan Laut Peduli bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia melaksanakan Donor Plasma Konvalescent dan Donor Darah  kepada  Prajurit, PNS dan anggota Jalasenastri dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AL dimanapun berada dan dapat diikuti melalui Video Converence (Vicon) yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan juga dihadiri oleh Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua PMI Pusat bertempat di Kolinlamil Jakarta. 
Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) Belawan menyelenggarakan donor plasma konvalescent dan donor darah reguler masyarakat maritim bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I diikuti oleh Prajurit, PNS, Purnawirawan, Keluarga Besar TNI AL dan Anggota Jalasenastri Korcab I DJA I dengan jumlah yang sudah terdaftar 69 orang untuk donor plasma konvalescent dan 145 orang yang donor darah biasa.
Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono beserta Ketua Korcab I Daerah Jalasenastri I meninjau langsung pelaksanaan donor darah yang berlangsung di gedung Yos Sudarso. Sebelumnya Danlantamal I Laksma TNI Achmad Wibisono mengikuti video confrence (Vidcon) dari Kolinlamil Jakarta tempat pelaksanaan donor plasma konvalescent dan donor darah terpusat dimana dihadiri oleh Kasal dan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sebagai Ketua PMI Pusat.

“Kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut  Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan ini merupakan upaya dalam mendukung pemerintah guna percepatan penanganan Covid-19 dalam pemenuhan ketersediaan plasma convalescent di PMI guna dapat menurunkan angka kasus Covid-19 yang sedang meningkat,” kata Danlantamal 
“Donor plasma konvalescent merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Bertujuan sebagai terapi tambahan Covid-19 dengan mengajak orang yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma,” pungkas Danlantamal.
Hadir dalam acara kegiatan donor plasma konvalescent yang digelar di gedung Yos Sudarso Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman, para Pejabat Utama, Kepala Dinas Lantamal I dan peserta tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal I serta tenaga kesehatan dari Palang Merah Indonesia kota Medan.
Pelaksanaan donor plasma konvalescent dan donor darah dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan selesai kegiatan. (Abd Halil)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Ops Yustisi Personil Polres dan Polsek Labuhan Ruku 5 Orang Dihukum Push Up

  Batu Bara, JournalisNEWS.com - Polres Batu Bara dan Polsek Labuhan Ruku dan Sat Pol PP laksanakan Operasi Yustisi secara...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img