Jumat, September 24, 2021

Kerahkan KRI Semarang-594, TNI AL Penuhi Kebutuhan Oksigen di Pulau Belitung

Must Read

Belitung, JournalisNEWS.com – TNI Angkatan Laut kembali mengerahkan unsur Kapal Perang yang berkemampuan dalam memproduksi isi ulang oksigen dalam mencukupi kebutuhan Oksigen untuk membantu penanganan dan perawatan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kab. Belitung dan Kab. Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Babel. Selasa (10/8/2021).
KRI Semarang-594 yang merupakan Kapal Rumah Sakit unsur Koarmada I bergerak ke Provinsi Kepulauan Babel dengan membawa misi pemenuhan kebutuhan oksigen di wilayah Provinsi Babel. Diketahui, KRI Semarang-594 dilengkapi dengan generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen sendiri dan dapat melakukan isi ulang sebanyak 75 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam.
Komandan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung (Danlanal Babel) Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan mengatakan kehadiran KRI Semarang-594 atas koordinasi Pemerintah Provinsi yang berjenjang hingga pimpinan TNI Angkatan Laut merespon dengan mengirimkan unsur KRI Semarang-594 yang memang mempunyai kemampuan sesuai permohonan akan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh Provinsi Kepulauan Babel.
“Kedatangan KRI Semarang-594 atas koordinasi Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Erzaldi Rosman yang kami teruskan ke komando atas dan merespon dengan mengerahkan KRI Semarang-594 yang tiba hari ini” jelas Danlanal.
Setibanya di perairan Tanjung Pandan Kab. Belitung, KRI Semarang yang melaksanakan Lego jangkar dan melakukan peran docking/undocking langsung mengirimkan 10 tabung kapasitas 6.000 Liter Oksigen menggunakan LCU (Landing Craft Utility) yang dilanjutkan dengan mengisi 124 tabung kosong kapasitas 6.000 L milik Satgas Penanganan Covid-19 dengan menggunakan generator oksigen di KRI Semarang-594. 
Dalam kesempatan terpisah, Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P mengatakan bahwa pengerahan KRI Semarang-594 merupakan implementasi arahan dan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu mendukung penuh pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“KRI Semarang-594 tidak hanya mempunyai fasilitas  dalam memproduksi oksigen saja namun dilengkapi ruang isolasi dan ruang operasi yang sewaktu-waktu dapat digunakan sesuai kebutuhan” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan, “Dengan kemampuan yang ada saat ini, TNI AL dalam hal ini Koarmada I melalui KRI Semarang-594 berupaya semaksimal mungkin untuk membantu daerah-daerah yang kekurangan suplay Oksigen sesuai yang telah diinstruksikan oleh pimpinan TNI AL”.
“Selain itu, bantuan penanganan Covid-19 juga dilakukan dengan mengerahkan potensi Pangkalan TNI AL di wilayah kerja Koarmada I guna menggelar Vaksinasi Massal yang sampai saat ini masih tetap gencar dilaksanakan di wilayah kerja Koarmada I” tuturnya.
“Tidak menutup kemungkinan KRI Semarang-594 akan mobile, artinya jika sewaktu -waktu daerah lain ada yang Bumembutuhkan, KRI Semarang-594 akan dikerahkan untuk membantu” pungkas Pangkoarmada I. (Abd Halil)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan Laut Tador, Ny Maya Bagikan 37 Kartu Identitas Anak

  Batu Bara, JournalisNEWS.com - Bunda PAUD Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir dan Ketua Pokja Bunda PAUD Ny. Erlina...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img