Rabu, Juni 29, 2022

Bupati Pakpak Bharat Panen Jagung Bersama Kelompok Tani Muda Berkarya

Must Read

Pakpak Bharat, JournalisNEWS.com – Dalam rangka peringatan Hari Krida Pertanian ke 50 tahun 2022, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menghadiri panen raya jagung hibryda bersama Kelompok Tani Muda Berkarya di Desa Penanggalan Binanga Boang. Rabu (22/6/2022).

Sebagaimana diketahui, Kelompok Tani Muda Berkarya binaan Kosgoro Pakpak Bharat saat ini sedang melaksanakan panen perdana jagung Hibrida P32 di lahan seluas dua hektar di Desa Penanggalan Binanga Boang, Kecamatan Salak.

Patut kita bersyukur atas capaian Kelompok Tani Muda Berkarya ini, dilahan seluas dua hectare yang kita punya saat ini telah ditanami jagung jenis hibryda dan kini siap dipanen, terimakasih atas perhatian semua pihak, Bupati Pakpak Bharat, Ketua Kosgoro Pakpak Bharat dan semuanya yang turut membantu dan mengedukasi kami dalam bertani jagung ini,”ucap Ketua kelompok Tani Muda Berkarya, Suriadi Bancin di lokasi.

Sementara itu Ketua Kosgoro Pakpak Bharat, Elson Angkat, SS saat memberikan sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh anggota Kelompok Tani Muda Berkarya yang rata-rata masih belia ini. Dia juga memberikan banyak motivasi bagi para petani muda Pakpak Bharat guna mengembangkan sistem pertanian yang tangguh dan terus berinovasi.

Kuncinya jangan mudah putus asa dan menyerah, ada banyak jalan menuju kesuksesan, apalagi sat ini Pemerintah sangat memberikan perhatian penuh bagi pengembangan pertanian kita di Pakpak Bharat ini, lihat saja begitu banyak bantuan-bantuan bagi para petani kita saat ini, contoh saja benih jagung hibrida yang sekarang kita panen ini adalah bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, ada mesin-mesin pertanian, pupuk dan sebagainya, mari kita manfaatkan dengan baik, ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita,:ucap Elson Angkat saat memberikan sambutannya.

Elson Angkat, SS yang juga adalah Wakil Ketua DPRD Pakpak Bharat dari Fraksi Golkar ini juga sempat memaparkan rencana besarnya terhadap upayamemajukan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Penanggalan Binanga Boang ini.

Kedepannya kita akan mengembangkan Daerah ini menjadi kawasan agrowisata, lihatlah view tempat ini yang begitu indah menawan dan menurut kami sangat menarik minat bagi para wisatawan, juga agriedukasi guna mengedukasi para petani disini dalam membangun sistem pertanian yang tangguh, selalin itu juga kami sedang melirik pengembangan peternakan yang menurut kami sangat bagus untuk kita kembangkan disini,”ucap Elson Angkat kemudian.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor yang hadir bersama Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor sangat mengapresiasi karya nyata dari Kelompk Tani Muda Berkarya ini. Menurut dia Kabupaten Pakpak Bharat ini adalah kabupaten yang sangat potensial dalam pengembangan pertanian khususnya jagung dan tanaman pangan lainnya.

ini sangat bagus, mari manfaatkan semua potensi yang kita miliki, teruslah memotivasi diri dan teman-teman kita, minimal ditengah melonjaknya harga komoditi-komoditi pertanian lainnya seperti sawit, lada, karet dan sebagainya, kita disini masih memiliki tanaman-tanaman palawija yang umurnya tidak panjang dan bisa memanfaatkan lahan-lahan yang ada,”ucap Franc Bernhard Tumanggor saat membuka arahannya.

Kita patut besyukur hari ini, teman-teman kita para petani muda yang bergabung dalam Kelompok Tani Muda Berkarya ini sudah berhasil menanam begitu luas tanaman jagung yang hari ini akan kita panen,”ucap dia kemudian.

Kegiatan Panen Raya Jagung Hibrida ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Krida Pertanian ke-50 Tahun 2022 ini. Peringatan Hari Kari Pertanian merupakan momen untuk mengenang, menghargai para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di dunia pertanian ini mengusung Thema “HKP 2022 Menghadapi Krisis Pangan Dunia”.

Kegiatan panen-tanam ini dilaksanakan di seluruh indonesia dan dipusatkan di kabupaten Sukoharjo, propinsi Jawa Tengah. Menteri Pertanian RI akan melakukan panen-tanam secara serentak di seluruh Indonesia untuk komoditas Jagung, Kedelai dan Padi IP400.

Kita berharap dengan momentum Hari Krida Pertanian yang diperingati setiap 21 Juni menjadi momen kebangkitan semangat bagi petani Kelompok Tani Muda Berkarya, kabupaten Pakpak Bharat. (Rommel)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
Latest News

Upacara Ziarah Rombongan Polres Pematangsiantar dan Polres Simalungun Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-76

Pematangsiantar, JournalisNEWS.com - Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara Ke – 76 Polres Pematangsiantar dan Polres Simalungun menggelar ziarah ke...

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img