Selasa, April 16, 2024
spot_img
spot_img
BerandaDaerahPemadaman Kebakaran Hutan Gunung Sipiso-Piso Libatkan Lintas Instansi

Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Sipiso-Piso Libatkan Lintas Instansi

Karo, JournalisNEWS.com – Kebakaran hutan Gunung Sipiso – piso, Kec. Merek, Kab. Karo, Selasa (26/7/2021) di musim kemarau mengakibatkan api cepat menjalar disekitar lereng gunung membuat petugas dari Manggala Agni Wilayah Sumatera  dan TNI/Polri kewalahan memadamkan api.
Dari pantauan wartawan JournalisNEWS.com di lapangan kebakaran hutan di sekitar Gunung Sipiso- piso diduga disebabkan oleh orang yang tidak bertangung jawab yang sengaja membakar hutan, sehingga aparat penegak hukum masih mengumpulkan bukti untuk penyelidikan.
Kadap Ops PPIKHL Wilayah Sumatera Maralo JP Tambun, S.Hut saat dikonfirmasi mengatakan untuk pemadaman kebakaran hutan ini kita harus kerja keras supaya kebakaran hutan tidak semakin meluas dan harus cepat diatasi.
Melalui kampanye atau patroli tentang bahaya kebakarakan hutan. Penanganan yang sekarang dilakukan adalah pemadaman bersama  steakholder dari TNI/Polri, Koramil 02/TP dipimpin Kapten Inf Gandhi, masyarakat juga mahasiswa Fakultas Kehutanan USU Medan yang sedang PKL (Praktek Kerja Lapangan). 

Adapun kendala yang dihadapi adalah wilayah perbukitan, kondisi angin yang cukup kencang  sehingga api cepat menjalar. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan jet shulter. Jet shulter adalah alat berupa pompa yang berisi air dicampur dengan racun api  guna mematikan bara api. 
Saat melakukan pemadaman api, personil yang dilibatkan Manggala Agni dan unsur steakholder dengan peralatan masing-masing. Pemadaman dilakukan beberapa bagian guna mempercepat pemadamannya. 
Pemadamannya di hari pertama sudah 2 hektar (ha) dengan luas kebakaran sekitar 10 hektar (ha) hingga berita ini diturunkan, pemadaman masih berlangsung dilakukan oleh petugas Manggala Agni beserta tim. (Charles Sitanggang)

Loading

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments