Minggu, Oktober 17, 2021

Jurnalis Terbunuh,Wartawan Medan Utara Bacakan 5 Tuntutan

Must Read

Belawan, JournalisNews.com – Terkait tewasnya jurnalis asal Kabupaten Simalungun Mara Salim Harahap yang akrab disapa Marsal beberapa pekan yang lalu,berimbas kepada terjadinya sejumlah gelombang aksi solidaritas sesama wartawan diberbagai daerah

Kali ini terjadi gelombang aksi dilakukan ratusan wartawan Medan Utara yang terdiri dari media cetak,online dan elektronik.
Aksi digelar di Jalan Raya Pelabuhan Belawan tepatnya didepan kantor PT Pelindo I,Rabu (23/6/2021) pagi.
Dalam orasinya ketua aksi Farel membacakan 5 tuntutan terkait terbunuhnya pimpinan media online lasernewstoday.com tersebut,yakni
1. Mengutuk keras terhadap aksi kekerasan penembakan yang dialami Marasalim Harahap, dimana aksi kekerasan yang menghilangkan nyawa itu merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan dan melawan hukum. 
2. Mendesak Polisi Republik Indonesia khususnya Polda Sumatera Utara untuk segera mengusu tuntas kasus tersebut dan membawa pelaku serta yang terlibat ke meja hijau, hukum haru ditegakkan tanpa terkecuali. 
3. Meminta Kapolda Sumatera Utara bersikap teransparan dalam perkara pembunuhan rekan ka Marasalim Harahap, agar tidak terjadi simpang siur informasi. 
4. Mendukung pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku tindak kekerasan terhadap rek kami Marasalim Harahap. 
5. Meminta pihak Kepolisian Sumatera Utara khususnya Polres Pelabuhan Belawan agar memberikan jaminan rasa aman dan nyaman terhadap wartawan Medan Utara dalam menjalankan tugasnya wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.
Dalam melaksanakan aksi solidaritas tersebut para awak media tetap menjaga protokol kesehatan.Aksi juga berjalan dengan aman dan tertib.
Terpantau dilokasi digelarnya aksi mendapat pengawalan dari personil Polsek Belawan bekerjasama dengan personil Polres Pelabuhan Belawan. 
Terpisah,Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP DR.Mhd R.Dayan,SH,MH melalui Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si saat di konfirmasi terkait tanggapannya prihal tuntutan dalam aksi tersebut yang menyebutkan Polres Pelabuhan Belawan agar memberikan rasa aman dan nyaman 
terhadap wartawan Medan Utara dalam melaksanakan tugasnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.
“Dalam menyikapi prihal yang disampaikan para rekan-rekan wartawan,Polres Pelabuhan Belawan siap menerima laporan para rekan media bila merasa terancam,dan siap menindaklanjutinya,”tegas mantan Kasi Propam Polrestabes Medan itu.


Reporter,Abdul Halil

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi Covid 19 Untuk 7 Juta Warga Perkebunan dan Desa – Desa Produktif

  Batu Bara, JournalisNEWS.com - Untuk mendukung suksesnya pemberian vaksin kepada masyarakat. Sehingga kembali lagi aktivitas normal, Pemerintah bekerja sama...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img