Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
spot_img
BerandaPendidikanPTM Dimulai 13 September, Bupati Sergai : Seluruh Pihak Wajib Disiplin Prokes

PTM Dimulai 13 September, Bupati Sergai : Seluruh Pihak Wajib Disiplin Prokes

 

Sei Bamban, JournalisNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mempersiapkan dengan matang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 13 September mendatang. Bukti dari hal tersebut bisa dilihat saat Bupati H. Darma Wijaya meninjau pelaksanaan simulasi PTM hari terakhir di SMP Negeri 01 Sei Bamban, Rabu (8/9/2021).

“Kita tidak mengetahui apakah PTM ini bisa berjalan dalam waktu yang lama atau tidak, namun yang pasti Covid-19 ini masih terus ada. Untuk itu, saya minta seluruh pihak yang terlibat dalam penerapan PTM bisa menjalankan seluruh mekanisme yang telah dibuat dengan disiplin,” kata Bupati.

Bupati mengingatkan agar para guru tidak hanya aktif menyampaikan contoh, namun di saat yang sama harus mampu menjadi contoh dari penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) lewat tindakan nyata.

“PTM ini merupakan jawaban dari kerinduan para guru dan siswa terhadap pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar di lingkungan sekolah. Namun di atas segalanya, kesehatan bersama adalah yang terpenting,” ucapnya lagi.

Untuk itu, Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati ini berharap kepada seluruh pihak, terutama guru dan siswa, harus aktif mendukung pelaksanaan PTM, salah satunya dengan berpartisipasi dalam program vaksinasi.

“Guru dan siswa di atas 12 tahun wajib ikut vaksinasi demi terciptanya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity). Kita sekarang dalam kondisi perang. Namun perang ini musuhnya tidak terlihat. Bukan hanya si virus yang jadi lawan, tapi juga berbagai informasi keliru dan hoaks terkait penanganan pandemi, termasuk soal vaksinasi,” tutur Bupati.

Untuk itu Bupati berharap agar para guru dapat menjalankan perannya sebagai tenaga pendidik dan terpelajar untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat demi meluruskan pemahaman sebagian masyarakat yang masih belum cukup informasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, M.M. juga berharap agar para guru dan siswa bisa mematuhi aturan Prokes yang telah ditetapkan. Selain itu, khusus selama PTM kali ini, para siswa diminta untuk membawa bekal makanan yang disediakan dari rumah.

“Para orang tua agar menyiapkan bekal makan dan minum bagi anak-anaknya. Selama PTM ini kantin sekolah ditutup dan para siswa juga tidak diizinkan membeli jajanan di luar,” katanya.

Sementara itu, ucapan syukur dan optimisme disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sei Bamban, Suriadi atas terlaksananya PTM ini. “Untuk vaksinasi, hampir semua guru sudah divaksin. Di data kami hanya 5 guru yang belum divaksin, itu pun karena masalah kesehatan. Selain itu perlu kami laporkan, sampai saat ini selama pelaksanaan PTM, belum ada laporan guru atau siswa yang dinyatakan positif Covid-19,” ucapnya.

Dalam tinjauan kali ini, Bupati Darma Wijaya memantau simulasi Prokes yang dilaksanakan, mulai dari saat masuk ke sekolah, para murid memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Ketika berada di dalam kelas, jaga jarak juga dilakukan. Setiap meja diisi oleh hanya satu orang murid.

Kemudian, Bupati Darma Wijaya juga mendatangi satu persatu kelas dan berinteraksi dengan para murid. Dalam kesempatan ini dirinya juga menyempatkan diri mengecek sarana dan prasarana yang ada di SMP Negeri 1 Sei Bamban, mulai dari ruang laboratorium komputer hingga perpustakaan. (Alfian Haris)

Loading

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments